Tujuan, Sasaran, Indikator Kinerja Utama dan Strategi

  • Dibaca: 610 Pengunjung

Tujuan 

Tujuan merupakan hasil yang ingin dicapai dalam kurun waktu lebih dari 1 tahun dan harus selaras dengan visi dan misi yang telah ditetapkan.

Tujuan yang ingin dicapai Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Klungkung adalah:

1    Meningkatkan dan mengembangkan fungsi sarana dan prasarana pelayanan publik (jalan, jembatan, jaringan irigasi, tanggul pengaman sungai dan pantai, air bersih, air limbah komunal, drainase, jalan setapak dan bangunan gedung);

2    Meningkatkan dan mengembangkan program pembangunan perumahan yang sehat dan berkesinambungan;

3    Meningkatkan pelaksanaan penataan ruang kawasan yang mendorong keterpaduan pembangunan infrstruktur dasar dan implementasi program pembangunan.

 

Sasaran

Tujuan yang telah ditetapkan dijabarkan lebih spesifik dalam bentuk sasaran. Sasaran adalah hasil yang ingin diperoleh/dicapai dalam kurun waktu paling lama satu tahun, yang realistis dan dapat diukur tingkat pencapaiannya berdasarkan indikator kinerja  tertentu yang disebut indikator kinerja sasaran. Sebagai penjabaran dari tujuan, maka sasaran strategis yang ditetapkan adalah :

1.    Meningkatkan ketersediaan infrastruktur jalan, jembatan, jaringan irigasi, tanggul pengaman pantai dan sungai, air bersih, air limbah komunal, drainase/trotoar, jalan lingkungan dan bangunan gedung yang memadai bagi masyarakat :

a.  Meningkatnya jaringan irigasi dalam kondisi baik

b.  Meningkatnya penduduk berakses air bersih/pemasangan pipa dan cubang

c.   Tersedianya fasilitas air limbah (MCK++) komunal

d.  Meningkatnya tanggul pengaman pantai dalam kondisi baik

e.  Meningkatnya tebing sungai dalam kondisi baik

f.   Meningkatnya jalan dalam kondisi baik

g.  Meningkatnya jembatan dalam kondisi baik

h.  Meningkatnya saluran drainase/gorong-gorong dalam kondisi baik

i.    Terpeliharanya kondisi jalan setapak dan tersedianya gedung/fasilitas umum yang representatif

 

2. Meningkatkan pengaturan pembangunan infrastruktur dasar dan implementasi program pembangunan pada suatu kawasan serta meningkatnya

    pemanfaatan ruang dan pengendalian pemanfaatan ruang:

    a.  Peningkatan pemanfaatan ruang dan pengendalian pemanfaatan ruang

      3. Meningkatnya perumahan dan lingkungan permukiman yang layak huni serta meningkatnya pelayanan penanggulangan bahaya kebakaran :

       a.   Peningkatan penanganan bencana kebakaran

 

 Indikator Kinerja Utama (IKU)

Indikator Kinerja Utama (IKU)adalah ukuran keberhasilan dari suatu tujuan dan sasaran strategis organisasi.Indikator kinerja digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu instansi dalam mencapai tujuan dan sasarannya. Biasanya, indikator  kinerja  akan memberikan rambu atau sinyal mengenai apakah kegiatan atau sasaran yang diukurnya  telah  berhasil dilaksanakan atau dicapai sesuai dengan yang direncanakan. IKU yang ditetapkan Dinas Pekerjaan Umum adalah :

1.     Persentase jalan dalam kondisi baik

2.     Persentase jembatan dalam kondisi baik

3.     Persentase jaringan irigasi dalam kondisi baik

4.     Persentase saluran drainase/gorong-gorong dalam kondisi baik

5.     Persentase penanganan bencana kebakaran

 

Strategi Untuk Mencapai Tujuan Dan Sasaran

Agar visi dan misi Dinas Pekerjaan Umum dapat tercapai dan dilihat tingkat keberhasilannya, maka perlu ditetapkan tujuan dan sasaran dari masing-masing misi.

Tujuan merupakan sesuatu yang akan dicapai atau dihasilkan pada jangka waktu 1 (satu) sampai dengan 5 (lima) tahunan. Sasaran sebagai penjabaran dari tujuan merupakan sesuatu yang akan dihasilkan secara nyata oleh instansi pemerintah dalam jangka waktu tertentu. Tujuan dan sasaran yang ingin dicapai dari masing-masing misi sesuai dengan Renstra Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Klungkung tahun 2014sebagai tersebut pada butir 3 dan 4 diatas.

  • Dibaca: 610 Pengunjung